Home Top Ad

website Masjid Baiturrahman

Muhammadiyah telah membantu bangsa dan negara

Share:

Muhammadiyah telah membantu bangsa dan Negara

Ceramah Prof. Dr. H. Amin Rais, MA.

Kita harus menjaga lima hal utama. Pertama agama. Agama adalah kebutuhan utama manusia. Sesuai pesan hadis kita berdoa agar Alloh menguatkan agama kita, sebab agama adalah panduan yang akan menyelamatkan dan memuliakan  hidup kita. Tidak ada kebutuhan paling utama yang  harus menjadi milik kita yang harus kita jaga selain agama. Kedua kita harus menjaga manusia karena manusia adalah makhluk pilihan. Ketiga menjaga aqal. Harga manusia ditentukan aqalnya.

Karena itu Muhammadiyah menyelenggarakan pendidikan untuk mencerdaskan umat. Keempat,  menjaga jiwa. Kelima menjaga kekayaan. Termasuk kekataan negeri ini. Kelima hal ini tidak mungkin bisa dijaga bila tidak ada payung negara sebagai pemeliharanya.

Muhammadiyah harus menyadari kekuasaan sebagai alat untuk menjaga kelima ketentuan syar'i tsb. Kita tidak boleh netral dalam menentukan arah politik, terutama  dalam menetapkan pemimpin. Alquran sendiri menegaskan umat Islam tidak boleh dipimpin oleh orang yang tidak memiliki komitmen Islam. Sebab Islamlah yang memiliki sistem nilai sempurna dan lengkap dalam rangka menyelamatkan kelima kewajiban syar'i tsb.

Kita harus menyiapkan pemimpin yang memenuhi syarat sebagai khalifah yang menegakkan keadilan. Keadilan politik, sosial, ekonomi, pendidikan, dan keadilan lainnya.

Keadilan sosial adalah salah satu prinsip Islam yang menjadi salah satu sila Pancasila. Semua kita harus peduli terhadap terpilihnya pimpinan negara melalui pilpres yang akan datang. Kita sekarang tdk memiliki kedaulatan ekonomi. Tujuh belas Mega Proyek reklamasi itu adalah proyek siluman yang dalangi pengusaha aseng dalam rangka merampas kedaulatan negara. Kedua megaproyek meikarta. Ini adalah proyek dalam rangka merampas kedaulatan bangsa ini yang dilakukan oleh kekuatan dajjal aseng dan asing.

Kita bisa jadi kuli atau kacung di negeri sendiri. Ingat, 70% tanah di DKI ini sdh dikuasai aseng dan asing.

Saya sampaikan hal ini sebagai komitmen saya sebagai anak bangsa yang selama ini  telah mendapatkan kemuliaan dari Alloh swt baik sebagai Ketum Muhammadiyah, Ketua MPR, maupun sebutan sebagai Bapak Reformasi atau kemuluaan lainnya.

Ini saya sampaikan  sebagai rasa syukur. Tetapi, ingat kita masih harus terus meningkatkan semangat dan jihad dalam rangka memperjuangkan negara dan bangsa ini,

khususnya umat Islam. Mari kita semua mengamalkan puasa dan sholat malam, banyak bersedekah dan mengokohkan silaturahim agar Alloh menganugerahkan kekuatan bagi umat Islam, memilih kepemimpinan sosial sesuai Islam di tahun 2019 ini. Kita telah diingatkan Alquran Surat Albaqoroh 120 agar waspada dengan gerakan Yahudi dan Nasrani yang menggunakan berbagai cara untuk menghancurkan umat Islam.

Jangan sampai kita kalah di pilpres yang akan datang. Bila kalah kita akan dikuasai oleh kolompok manusia ateis , sekuler, liberal yang kejam terhadap umat Islam. Pilpres tahun depan  adalah momentum paling menentukan bagi bangsa ini yang harus kita perjuangkan habis-habisan dengan bismillah dan tawakkal kepada Alloh.

Semoga Alloh mengabulkan doa dan perjuangan kita. Amin. (Oleh Abdul Hakim)
_________________________
Ragkuman tausyiyah Prof. Dr. H. M. Amin Rais, MA yang disampaikan pada Milad Muhammadiyah 106 Miladiyah/109 Hijriyah di Islamic Centre Surabaya, 12 Robiul Awal 1440 Selasa 20 Nopember 2018.

1 komentar: